Cara Menghemat Batrai Laptop


Cara menghemat batrai laptop - Artikel ini saya buat dari pengalaman saya sendiri. Sebagai perangkat elektronik laptop juga membutuhkan batrai yang tahan lama agar tidak mengganggu saat menggunakan laptop di luar rumah.

Walaupun memang sumber listrik saat ini ada di mana-mana. tetapi, ada kalanya disaat kamu pergi ke tempan yang minim sekali dengan sumber listrik.

Oleh karena itu, menghemat batrai laptop adalah satu-satunya cara agar laptop kamu tidak kehabisan daya batrai saat di gunakan.

Cara menghemat daya batrai pada laptop.

Lalu bagaimana si cara menghemat batrai laptop agar tahan lebih lama?  Saya telah merangkum beberapa tips agar batrai laptop tahan lebih lama.

1. Turunkan brightness atau kecerahan layar.

Saat ini laptop sudah banyak yang menggunakan layar LED Backligh yang mampu mengeluarkan kualitas gambar yang sangat baik dan hanya memakan sedikit daya batrai.

Walaupun begitu layar tetap menjadi komponen yang cukup memakan daya batrai. Jadi, lebih baik kamu turunkan sedikit kecerahan layar pada laptop, lebih lagi kamu menggunakan laptop di tempat yang minim pencahayaan.

Mengurangi kecerahan layar laptop selain dapat menghemat daya batrai, mengurangi kecerahan layar laptop juga dapat mencegah kerusakan pada mata dan membuat mata kita menjadi nyaman.


2. Tutup program yang tidak di gunakan.

Hal lainnya yang sering menyebabkan batrai cepat habis adalah banyaknya software atau program yang berjalan. Padahal kamu tidak menggunakannya. hal ini dapat menyebabkan daya tahan laptop berkurang, karena membuat prosesor berkerja sangat keras.

Selain membuat daya tahan batrai berkurang, banyaknya program yang berjalan juga dapat menyebabkan kinerja laptop berkurang.


3. Matikan fitur yang tidak di butuhkan.

Ada beberapa fitur laptop yang dapat mempengaruhi daya batrai laptop. Diantaranya yaitu Bluethoot, WIFI, dan lain-lainnya. Sebaiknya jika tidak di gunakan matikan saja agar batrai menjadi lebih awet.


4. Cabut Perangkat USB.

Biasanya perangkat USB membutuhkan power dan memakan banyak daya batrai. Sebaiknya setelah mengcopy data dari Flashdisk, Harddisk external dan semacamnya, kamu langsung cabut saja jika sudah tidak dibutuhkan.

Baca Juga


5. Hindari menggunakan CD/DVD-ROM.


CD/DVD-ROM sangat memakan banyak daya batrai. selain membuat batrai laptop cepat habis, menggunakan cd/dvd-rom juga dapat membuat prosesor berkerja sangat keras. 

Jadi, jika tidak berkepentingan hindari penggunaaan dvd-rom dan pastikan juga tidak ada kaset yang tertinggal di dalamnya.



6. Defragmentasi haddisk.

Defragmentasi dapat membuat laptop berkerja sangat keras, karena harddisk diperintagkan untuk mencari file/data/program yang terpencar dan menyatukannya saat di akses. Jadi, daya batrai pada laptop akan cepat terkuras

Untuk mengatasinya yaitu dengan defragmentasi pada saat taptop kamu terhubung pada power listrik atau keadaan laptop kamu sedang di charge. Ingat, jangan defrag harddisk ketika laptop kamu tidak sedang terhubung dengan listrik atau jauh dari sumber listrik.

Karena defragmen harddisk membutuhkan kinerja prosesor yang sangat besar dan bisa membuat daya batrai laptop habis dalam waktu singkat.


7. Bersihkan laptop secara rutin dan teratur.


Hampir semua orang di dunia malas membersihkan laptopnya sendiri. Padahal ini dapat membuat lubang ventilasi laptop tersumbat oleh debu dan kotoran lainnya. 

Hal ini dapat membuat laptop cepat panas dan memaksa kipas pan berkerja lebih keras. Tentu saja ini dapat memakan banyak daya batrai, solusi untuk menghindari nya adalah dengan cara rajin membersihkan dari debu-debu atau hal kotor lainnya.


Nah, sekian tips dari saya. Semoga Cara menghemat batrai laptop membuat batrai laptop kamu tahan lebih lama, semoga bermanfaat.

Jangan Sampai Ketinggalan Postingan Dari: Tisna Maulana. Berlangganan Melalui Email Sekarang Juga:

9 Responses to "Cara Menghemat Batrai Laptop"

  1. Ketika ngeblog saya biasanya menggunakan laptop sambil di charge..ketika hampir penuh 99% saya melepas charge.. Ketika baterai berkurang hingga 50% kebawah..saya charge lagi... Untungnya keadaan baterai masih fine fine aja... Dan tetap hemat....

    ReplyDelete
  2. Ternyata kecerahan dan nyolokin flashdisk jg dapat memboros batrai. Bermanfaat banget artikelnya

    ReplyDelete
  3. Artikelnya sangat membantu gan soalnya batrai laptop saya cepat terkuras berkat membaca dan mempraktekkan cara diatas batre laptop saya 2 kali lebih hemat dibanding sebelumnya

    ReplyDelete
  4. Usb berpengaruh? Seberapa besar pengaruh usb terhadap pemborosan batre pada laptop? Karena saya baru menemukan hal ini

    ReplyDelete
  5. Wah baru tahu saya usb berpengaruh,mungkin laptop harus terus menread usb dan menyebabkan baterai boros karena harus dijalankan trus menerus

    ReplyDelete
  6. saya lebih suka mengatur kecerahan layar, karena selain adem ke mata juga bisa hemat batrai dan layar tentunya bisa awet, mungkin mengatur resolusi layar juga bisa lebih hemat baterai.

    ReplyDelete
  7. Mau tanya nih gan,, kalau engga menggunakan CD / DVD , menggunakan apa lagi tuh ganteng? ?

    ReplyDelete
  8. Yang usb tolong dijelaskan lebih rinci gan kalo bisa

    ReplyDelete
  9. Mungkin bisa ditambahkan, menjaga suhu laptop tetap sedingin mungkin. Karena saat laptop mendekati overheat ataupun panas lebih dari biasanya, energinya akan semakin cepat terkuras dan jadi lebih boros. cara mengatasinya bisa pakai beberapa cara diatas, bisa juga dengan memasang cooling pad dan membersihkan fan untuk processor. Terima kasih informasinya.

    ReplyDelete