Heboh!! 99 Negara Termasuk Indonesia Sudah Tejangkit Dengan Virus Berbahaya Yang Bernama WannaCry.


Dunia internet sedang di hebohkan dengan munculnya penyakit internet yang mematikan yaitu Virus  Ransomeware ( WannaCry ). Virus ini sudah menyebar ke-99 negara termasuk indonesia, indonesia sendiri sudah terinsfeksi oleh virus WannaCry Di perkirakan sudah ada ribuan IP indonesia yang terjangkit dengan virus ini.

Mungkin saat ini masih banyak yang bertanya-tanya apa itu virus wannacry? Seberapa bahayanya si virus itu ? wannacry adalah suatu program computer sama saja seperti Chrome, MS Word dan sejenisnya. Namun perbedaan nya wannacry ini di buat dengan tujuan yang jahat dan sangat berbahaya untuk pengguna komputer.

WannaCry ini masuk dalam jenis Virus malware ( malicious software ) karena program ini di ciptakan dengan tujuan yang jahat. Perkembahan virus ini tergolong sangat cepat dan sangat berbahaya , buktinya dalam dua hari virus ini sudah dapat menyebar secara menyeluruh ke 99 negara.

Karena saking berbahayanya, Wannacry ini tidak perlu campur tangan si korban untuk meng infeksinya, jadi tanpa di klik tombol atau pun yang lainnya virus ini sudah menginfeksi si korban dengan otomatis.
Dengan kata lain si korba tidak perlu klik lampiran untuk mengaktivkan virus ini. tidak seperti virus pada umumnya karena tanpa klik tiba-tiba dia akan menginfeksi dan tidak akan bisa di cegah. Hmm.. mengerikan juga yaa.

Baca Juga


Nah, karena virus ini tidak terdeteksi antivirus dan menginfeksi dengan otomatis tanpa di klik membuat dunia ketakutan, terutama yang menggunakan sistem oprasi windows yang belum belum di tambal dengan Update Patch.


Saya sendiri akan membagikan tips agar tidak terjangkit dengan virus wannacry. Berikut adalah tips mencegah virus wannacry :

1. Matikan Koneksi WIFI atau kabel LAN.

Walaupun tidak perlu campur tangan si korban untuk menginfeksi tetapi ada kemungkinan juga wannacry ini menyebar lewat Phising e-mail. Biasanya ketika satu komputer tejangkit, maka seluruh komputer yang lainnya juga ikut terjangkit virus karena masih terhubung dengan jaringan LAN yang sama, kemungkinan server ikut terjangkit virus juga.


2. Backup Data Di Sistem Oprasi Non Windows.

Menurut saya sebaiknya backup data melalui sistem oprasi linux. Karena linux pada umumnya lebih kebal terhadap virus. Backup semua data ke dalam flashdisk atau hard disk lain.


3. Blokir IP/Protocol Dan Matikan SMB Service.

Dengan cara memblokir IP, wannacry akan kehilangan sebagian dari fungsinya. Cara mematikan SMB Service dan blokir protocol yaitu dengan masuk ke Control panel >> advance setting >> Protocol and port >> ketikan IP 139.445.139 untuk memblok alamat IP dan jangan lupa beri nama ransomeware supaya ketika ada solusi untuk menangani virus ini, kamu bisa langsung hapus blokirannya agar kembali seperti semula.

4. Update Antivirus

Agar Lebih apdol sebaiknya lakukan update Antivirus.

Baca Juga



5. Menginstal Patch MS17-010.

Sebenarnya Patch MS17-010 sudah di liris pada awal bulan waret lalu, tetapi sebagian besar dari pengguna komputer di dunia belum menginstalnya. Sehingga kelemahan ini di manfaatkan oleh peretas atau pembuat virus wannacry.


ID-SIRTI menyebutkan Saat ini belum ada solusi bagi komputer yang sudah terlanjur terinfeksi virus WannaCry. Jadi Cara terbaik untuk mehindarinya dengan ikuti cara di atas.

Note : Hari senin adalah hari dimana kantor-kantor sudah mulai aktiv berkerja, usahakan jangan hubungkan komputer ke jaringan LAN dan Internet, Backup data penting terlebih dahulu dan instal patch MS17-010 yang di anjurkan oleh tim Microsoft windows.

Terimakasi atas kunjungannya, semoga bermanfaat..

Jangan Sampai Ketinggalan Postingan Dari: Tisna Maulana. Berlangganan Melalui Email Sekarang Juga:

26 Responses to "Heboh!! 99 Negara Termasuk Indonesia Sudah Tejangkit Dengan Virus Berbahaya Yang Bernama WannaCry."

  1. Saya kira WannaCry dalah jenis virus ransomeware yanitu virus yang dapat menyebar ke laptaop dalam sebuah jarfingan dalam tempo waktu sesingkat singkatnya dan tidak diketahui oleh pemiliknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa itu kemungkinan besarnya gan. Memang menyebar melalui jaringan

      Delete
  2. Saya saja ga berani untuk membuka laptop dalam keadaan online soalnya ada file-file penting, dan saya tidak memakai OS cadangan seperti linux.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa gan lebih baik jangan online di laptop dulu untuk saat ini, mencegah lebih baik dari pada memperbaiki :D

      Delete
  3. Ngeri juga virusnya bisa minta uang lagi. Tapi kayaknya udh aman sekarang. Kalau pakai win 10 apa perlu masang patch karena win 10 biasanya selalu update patch otomatis.

    ReplyDelete
  4. Sebenarnya virus seperti ini sudah ada sejak beberapa tahun sebelumnya, tetapi entah kenapa sekarang baru booming. Pencegahan dan pengobatannya sebenarnya mudah, selain cara diatas, anda bisa buat backup dengan system restore dan jika terlanjur terkena bisa pula masuk ke safe mode, toh semua aplikasi dan virus akan "mati" di safe mode. Seperti yang disarankan di atas, jika memang koneksi tidak dipakai, bisa dimatikan. Jika harus terhubung ke internet, lakukan saran di atas dan tingkatkan proteksi terhadap jaringan anda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sudah ada sejak dulu. Tapi wannacry yg satu ini bisa di bilang virus yg bikin pengguna rugi besar dan tentunya berbahaya. Mungkin dalam keadaan safe mode memang mematikan malware dan virus lainnya tapi, itu hanya sementara saja jika kembali lagi ke dalam normal mode virus akan kembali lagi. Lebih baik gunakan linux karena linux sangat kebal terhadap virus

      Delete
  5. Karena virus ini saya makan gaji buta selama 1 hari hahahha

    Terima kasih wannacry

    ReplyDelete
  6. Wah. Linux untuj saat ini masih aman sepertinya. Tapi apakah cara diatas juga bisa dipakai untuj mengataai WannaCry 2.0??

    ReplyDelete
  7. paling menghebohkan ni virus, kabar dari cnn disinyalir korut yang menyebarkan virus ini. Tapi kalau sudah menginstall path yg dari microsotf tsb sepertinya sudah aman, karena backdornya diblokir sehingga malware ini gak bisa masuk .

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah aja laptop saya gak kena virus gituan gan, dan saya ucapkan terima kasih karena sudah memberikan infonya dan memberikan tutorialnya untuk mengatasi virus. makasih ya gan. slam sukses

    ReplyDelete
  9. Yang paling penting jangan pakai Windows bajakan karena belum ada proteksi khusus dari Windows nya. Dan juga jgn lupa untuk update sistem operasi ke Windows 10. Windows XP yang sudah mati saja di update lagi sama pihaknya

    ReplyDelete
  10. Wannacry, seperti namanya yaitu membuat pengguna yang kena virus tersebut bikin nangis, virus ini menyebabkan filr kita tak bisa dibuka dan untung saja artikel ini memberikan cara prnanggulangannya

    ReplyDelete
  11. untung saja laptop saya tidak terjangkit virus yang ingin menangis ini.,., kalau pun nanti dia datang, mungkin akan saya kasih permen lollipop biar gak menangis.,., untuk antisipasi saja.,.,

    ReplyDelete
  12. Jadi begitu cara mengatasinya, untung saja laptop saya Ngx terkena virus Wannacry ini,, thanks infonya gan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  13. visur yang membuat heboh semua manusia ini memang sangat mengejutkan dengan kemunculannya yang tiba2 dan pemberitaan yang snagat masif

    ReplyDelete
  14. Belum begitu faham dengan virus ini. Tapi bisa untuk antisipasi saya agar tetep menjaga komputer dari gangguan virus agar tetap bisa bekerja dengan baik.
    Kemarin sempat terganngu juga tapi ternyata bukan virus itu karena ada ganguan lain dari Komputer saya.

    ReplyDelete
  15. Dengan ada nya virus itu saya jadi kawatir rusak pada laptop satu satunya untuk blogging. Setelah saya baca artikel ini saya jadi gak takut lagi sama virus itu. Makasih gan atas infonya.

    ReplyDelete
  16. Makasih gan infonya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  17. Virus yg meresahkan masyarakat terutama saya , sempet ga ngehubungin laptop ke internet gara gara virus ini .

    ReplyDelete
  18. Makasih artikelnya gan. Buat pelajaran jugs agar kita lebih bijak menggunakan jaringan internet untuk menghindari ransomware ini.

    ReplyDelete
  19. Virus yang paling heboh di indonesia nih, padahal kan bisa di atasi dengan masuk safemode atau install ulang kenapa virus ini jadi heboh?

    ReplyDelete
  20. Perlu sangat hati-hati dalam menghadapi virus ini, karena cara kerjanya yang serba otomatis tersebut dapat secara cepat menjangkiti komputer, lebih-lebih komputer yang selalu konek terhadap internet. yang paling penting adalah selalu back up data kita setiap waktu, untuk berjaga-jaga apabila dikemudian hari komputer terjangkit virus, maka kita masih punya cadangan datanya.

    ReplyDelete
  21. makasih gan, karena saya terkejut saat mendengar virus itu gan.makasih sudah memberikan solusi untuk mengatasinya

    ReplyDelete
  22. Alhamdulilah laptop saya nggak terkena virus ini, Dan terima kasih atas infonya sangat bermanfaat untuk saya

    ReplyDelete