Kelebihan Sistem Oprasi Linux Yang Jarang Diketahui

Linux adalah sistem oprasi yang berlogo pinguin. sistem oprasi linux juga cukup popular di dunia, meskipun tidak se-popular sistem oprasi windows. linux adalah sistem oprasi yang sifatnya open source atau gratis dan bebas untuk di modifikasi.

Sistem oprasi ini sangat cocok untuk kamu yang sangat senang atau hobi dalam mengutak atik sebuah program dan sistem komputer.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISTEM OPRASI LINUX.

Linux adalah sistem oprasi yang sifatnya open source yang tentunya juga gratis. tentu saja pasti memiliki banyak kelebihan, berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang di miliki sistem oprasi linux :

1. Jauh lebih mudah dibandingkan dengan sistem oprasi lain.


Tentu saja, sistem oprasi linux sangat mudah ketibang dengan sistem oprasi lainnya. karena sistem oprasi linux gratis. untuk sistem oprasi lainnya bisa mengeluarkan uang yang berjumlah kurang lebih Rp.600.000.00,- untuk lisensi original.

2. Memiliki tingkat ke-amanan yang tinggi.


Tingkat keamanan yang dimiliki sistem oprasi linux tergolong sangat baik ketibang sistem oprasi lainnya. bahkan banyak pengguna yang meng-claim bahwa sistem oprasi linux memiliki sistem keamanan yang sangat baik dibandingkan dengan sistem oprasi windows.

Baca Juga

Karena linux merupakan sistem oprasi yang multi user. jadi, jika virus menyerang user tertentu, maka akan sulit untuk menyebar ke pengguna lainnya.

3. Spesifikasi yang tidak terlalu besar.



Yang paling penting dari sistem oprasi linux adalah memiliki spesifikasi yang sangat minimalis jika di bandingkan dengan sistem oprasi windows. jadi kamu tidak perlu khawatir dengan spesifikiasi komputer yang rendah, karena sistem oprasi linux dapat di gunakan pada komputer atau laptop yang sangat rendah sekalipun.

4. Linux lebih stabil jika di bandingkan dengan sistem oprasi windows.


Karena sistem oprasi memiliki system code 32Bit. jadi, sistem oprasi linux ini sangat membantu sistem untuk menghindari terjadinya Crash pada saat sebuah aplikasi di jalankan. bagi pengguna linux tidak usah khawatir dalam meng-instal aplikasi, karena sistem oprasi linux tidak akan membuat komputer sering Hang dan yang pastinya sangat lah stabil.

5. Cocok di jadikan komputer server.

Karena sistem oprasi linux sangat lah stabil dan cepat. jadi, memungkinkan sistem oprasi linux ini sangat cocok jika di jadikan komputer server, admin dan komputer personal.

6. Mendukung akses file sistem yang berbeda-beda.


Sistem oprasi linux mendukung lebih dari 30 macam file yang sering digunakan pada sistem oprasi lainnya. linux juga mencakum beberapa format file sistem, software, harddisk, seperti video, musik, foto, dan format lainnya.

7. Memiliki tampilan grafis yang baik.


Jangan salah berfikir bahwa sistem Open source seperti linux memiliki tampilan grafis yang buruk. Tampilan sistem oprasi linux sangat mendukung grafis yang baik seperti Eye catching, Terutama pada distro linux yang memiliki sistem full grafik. Jadi, semuannya di perintagkan menggunakan grafis.


Baca Juga

Demikian kelebihan-kelebihan dari sistem oprasi linux. walaupun sistem oprasi linux mempunyai banyak kelebihan. tetapi, linux juga memiliki kekurangan, seperti berikut :



1. Saat terjadi kerusakan pada sistem oprasi linux, sangat sulit untuk di perbaiki.


Karena kekurangan peminat user sistem oprasi linux. Jadi, sedikit pula teknisi yang mengerti tentang sistem oprasi linux. sehingga dukungan terhadap trobleshooting sangat sulit. 

Jadi, hal yang bisa dilakukan hanyalah mengandalkan forum-forum yang berisi tentang linux. Misalnya kamu aktiv di forum-forum tersebut, bisa saja kamu jadi teknisi linux, seperti yg di katakan mas ahmad diam di blognya ahmaddniam.blogspot.com tentang kepercayaan diri, berdoa dan berfikiran positif pasti kita bisa menjadi teknisi linux.


2. Kalah bersaing dengan sistem oprasi lain.


Kelemahan sistem oprasi linux kurang popular atau kalah bersaing dengan sistem oprasi lain seperti windows. walaupun hingga kini sistem oprasi linux memiliki sistem yg bersifat Open source, dan mudah. tetapi hal ini tidak membuat linux menjadi popular seperti sistem oprasi windows.

Demikian info yang saya berika tentang Kelebihan sistem oprasi linux yang jarang diketahui semoga menambah pengetahuan anda.

Jangan Sampai Ketinggalan Postingan Dari: Tisna Maulana. Berlangganan Melalui Email Sekarang Juga:

7 Responses to "Kelebihan Sistem Oprasi Linux Yang Jarang Diketahui"

  1. saya mau pakai linux ah coba coba jika memnag cocok akan saya gunakan setiap harinya karena dalam segi keamanan linux lebih unggul dan lebih gampang kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang linux lebih kebal terhadap serangan virus, tapi soal tahap dalam instalasi linux lebih rumit dari pada proses instalasi windows

      Delete
  2. melihat fasilitas yang ditawarkan, sistem operasi linux ini sepertinya cocok bagi penyuka teknologi perangkat lunak, namun bagi pemula harus belajar lebih banyak lagi agar mereka tidak kesulitan dengan celah errornya linux, mengingat linux ini lebih rumit dari pada os sejenis yang sering digunakan saat ini.

    ReplyDelete
  3. Linux aslinya sangat susah mas penggunaanya, kalau linux yang namanya dan produknya lain itu gampang mas pemakaiannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan linux yg bernama pak, tapi distro linux

      Delete
  4. sudah hampir setahun saya pakai ubuntu yg berbasis OS Linux, dan saya merasa nyaman, walaupun agak kesulitan saat menginstall dari luar ubuntu software..

    ReplyDelete
  5. nyimak om :V tisna ojek pengkolan :v

    ReplyDelete