Cara Ampuh Mengatasi Lag Pada Laptop



Cara Ampuh Mengatasi Lag Pada Laptop - Tidak sedikit orang ketika mengalami laptop lemot, mereka instal ulang, membawa ke tungang service dan bahkan menjual laptop mereka untuk membeli laptop yang baru. Padahal ada cara yg mudah untuk mengatasi permasalahan ini.

Untuk memperbaiki laptop atau komputer yang lemot kalian harus tahu sebab akibat laptop menjadi lag/lemot. Karena penyebab laptop menjadi lag itu banyak dan bermacam-macam. Untuk itu kamu bisa melihat penyebabnya di bawah ini :

Laptop merupakan barang elektronik yang sangat sensitif. Jika kamu tidak merawat nya dengan baik pasti akan banyak sekali permasalahan yg muncul.


Biasanya laptop kamu menjadi lag atau lemot itu karena :

  • Laptop kamu penuh dengan debu dan jarang di bersihkan. 
  • Hard disk kamu penuh atau terkena bad sektor. 
  • Sistem oprasi yg sudah kadarluarsa. 
  • Terlalu banyak progtam atau software yang di instal. 
  • Ada kerusakan pada komponen-komponen laptop. 
  • Ram laptop kamu terlalu kecil. 
  • Adanya virus yang tertanam di laptop atau komputer kamu. 


Lalu bagai mana cara mengatasi ke-7 permasalahan di atas ? Saya sudah merangkum beberapa cara agar laptop kamu tidak lag atau lemot lagi.


1. Bersihkan laptop dari debu dan kotoran lainnya.


Sebuah laptop atau komputer jika sedang beroprasi biasanya akan menimbulkan panas, biasanya panas akan muncul pada power supply, VGA, processor, RAM dan hard disk. Oleh karena itu biasanya laptop atau komputer di lengkapi dengan kipas yang bertujuan untuk mendinginkan komponen-komponen yang panas. Jika laptop kamu berdebu, udara tidak akan mendingin kan komponen-komponen yang panas, bahkan udara yang panas akan terperangkap di dalam laptop kamu.

Untuk itu kamu harus rutin membersihkan laptop dari debu dan kotoran-kotoran lainnya. Agar suhu di dalam laptop akan tentap setabil dan bisa memperpanjang usia laptop kamu.

Baca Juga

2. Defragment hard disk.

Defragment hard disk di lakukan untuk memperbaiki hard disk dan merapihkan data-data yang terpencar. 'Fragmented' atau 'Fragmentasi' ini di sebabkan karena laptop atau komputer kamu terlalu sering instal dan uninstal program. Fragmentasi hard disk dapat membuat laptop atau komputer berkerja ekstra keras karena hard disk mencari data/file/program di lokasi yang terpencar-pencar.


3. Buang data-data yang tidak penting.


Semua data yang di simpan pada laptop atau komputer membutuhkan ruang hard disk. Sebaiknya data-data yang menurut kamu tidak penting itu di hapus saja. Karena data-data yang memenuhi hard disk bisa membuat kinerja laptop kamu menurun atau melambat. Dan jangan lupa juga data-data yang berada di keranjang sampah atau recycle bin, temporany folder, dan cache internet browser di hapus juga.


4. Hapus program atau software-software yang tidak penting.



Menghapus program atau software-software yg tidak penting juga dapat menambah kinerja laptop kamu, karena mengurangi beban pada laptop untuk memproses suatu sistem. Jadi di anjurkan untuk meng-hapus program atau software-software yang jarang atau sama sekali kamu tidak gunakan. Hal ini juga dapat membuat ruang kosong di hard disk kita bertambah dan tentu saja akan membuat kinerja laptop lebih ringan.


5. Scan virus pada laptop.


Saya sarankan kamu untuk selsalu memasang anti virus. Apa lagi kamu orang yang aktiv dalam internet tentu saja sangat wajib anti virus ter-instal di laptop kamu. Dan lakukan scan virus pada laptop kamu minimal satu minggu sekali. Karena virus di panggil pada saat booting dan tinggal di memory system. Bahkan beberapa virus juga dapat memenuhi memory dan memperlambat kinerja laptop.


6. Kurangi program yg berjalan pada startup.


Program startup adalah program-program yang akan berjalan secara otomatis pada sa'at laptop di nyalakan. Itu artinya laptop butuh waktu tambahan untuk membuka program-program tersebut, padahal tidak semua program itu kita gunakan, ini berakibat pada laptop kamu sa'at waktu startup akan menjadi lambat.

Untuk me-nonaktivkan program-program yang berjalan pada startup laptop kamu, bisa melalui Task manager > lalu pilih tab startup. Dengan me-nonaktiv kan program pada startup, laptop kamu akan terasa lebih cepat terutama pada sa'at booting.

Baca Juga


7. Mengurangi service yang tidak di perlukan.

Me-nonaktivkan service yang tidak di perlukan tentu saja dapat meningkatkan kecepatan booting sistem pada laptop kamu. Berikut ini ada beberapa service yang saya rasa perlu kamu non-aktivkan, karena sangat berpengaruh pada kecepatan laptop kamu, diantaranya :


  • Application experience;
  • Diagnostic policy service;
  • Distributed link tracking client;
  • Ip hoper;
  • Offline files;
  • Portable device enumerator service;
  • Protected storage;
  • Secondary logon;
  • Security center;
  • HCP/IP netBIOS helper;
  • Table pc input service;
  • Windows error reporting service;
  • Windows media ceter service launcher;



Nah, demikian informasi dari saya. Semoga Cara Ampuh Mengatasi Lag Pada Laptop di atas bisa membuat laptop kamu kembali cepat dan lancar.

Jangan Sampai Ketinggalan Postingan Dari: Tisna Maulana. Berlangganan Melalui Email Sekarang Juga:

30 Responses to "Cara Ampuh Mengatasi Lag Pada Laptop"

  1. mantap, menambah wawasan mengenai perawatan PC

    ReplyDelete
  2. mengenai penuh dengan debu, saya pernah ngalamin, al hasil, cooling pan nya jadi ga nyala. dan di service, di ganti kipas nya dengan yg baru. perawatan memang penting.

    ReplyDelete
  3. Gan laptop saya keyboardnya banyak semutnya :D dampaknya pas saya pengen nyalain laptopnya, tiba tiba laptopnya bersuara beeeeppp secara terus menerus tidak berhenti,,,, solusinya gimana ya gan ?

    ReplyDelete
  4. Sedikit tambahan gan..untuk penyebab laptop lemot juga bisa dipengaruhi pemakaian os yg salah ..alias tidak sesuai perangkat...misal..perangkat yg support 64bit malah kita install os 32bit..begitupun sebaliknya...sehingga kinerja laptop menjadi lemot...salah dalam modifikasi pada laptop juga memicu lemot...proci corei3 dgn ram 512mb misalnya... Hehe

    ReplyDelete
  5. Saya pernah mendengar bahwa aplikasi anti virus itu bisa melemotkan laptop dan PC, apakah itu benar mas ?

    ReplyDelete
  6. ada cara ampuh jika masalah ini terus berlanjut, caranya adalah servis ke tukan servis laptop karena jika memang lemot gara gara hardwere maka takjarang kita harus membawanya ke servis terdekat

    ReplyDelete
  7. wah kalau saya sih langsung diservice aja mas, takut ada problem ataupun ada hardware yang patah jika di otakatik sembarangan, apalagi RAM, Prosesor bahaya rentan patah tuh, biasanya sih saya beraninya ngecheck virus doang hehe, makasih mas berguna banget

    ReplyDelete
  8. Jujur, sekarang sy tdk percaya sma antivirus lagi .soalnya dlu sy pasang avg malah nb sy laload...jadi sy nerapin yg lain aja..

    ReplyDelete
  9. Kalau ane sih langsung ane instal ulang aja gandengan 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo terlalu sering instal ulang Sistem oprasi juga tidak baik untuk hardware laptop, secara tidak sadar perlahan-lahan hardware akan rusak. selain merusak hardware terlalu sering instal ulang juga menyebabkan daya tahan batrai pada laptop menurun

      Delete
  10. Kalo saya sering mengalami laptop lemot dan kadang kadang malah macet, jadi saya coba hapus aplikasi yang tidak penting alhasil sudah membaik

    ReplyDelete
  11. Bagus sekali, kwbwtulan lagi cari tau kenapa latop saya lemot sangat. Bisa di coba cara di atas, rupanya caranya mudah juga

    ReplyDelete
  12. Artikelnya sangat membantu saya gan soalnya laptop saya sering lemot trus ngelag jadi kerjaan pending mulu
    Eh akhirnya ada caranya dan caranya mudah
    Terimakasih gan :D

    ReplyDelete
  13. Artikelnya sangat membantu saya gan soalnya laptop saya sering lemot trus ngelag jadi kerjaan pending mulu
    Eh akhirnya ada caranya dan caranya mudah
    Terimakasih gan :D

    ReplyDelete
  14. Benar mas, biasanya laptop sering lemot atau bahkan hang karena kelebihan muatan program dan aplikasi, dan ini sangat mengganggu kinerja laptop jika digunakan untuk bekerja. sebelum memutuskan untuk membeli laptop yang baru maka sebaiknya memang dilakukan pengecekan terlebih dahulu seperti tips diatas.

    ReplyDelete
  15. Kalau debunya udh masuk ke dalam keyboard cara bersihinnya gimana mas? Apa perlu di bongkar dulu? Pantes aja laptop sering lemot

    ReplyDelete
  16. Defragmen itu gimana gan?? ane masih bingung gan.. mohon balasannya soalnya ini pas bgt kasusnya sama ane...

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk defrag bisa Klik Start > Accessories > System Tools > Disk Cleanup. atau menggunakan software defrag agar lebih mudah dan cepat seperti Glary untilities dll.

      Delete
  17. Pas nih buat laptop kalo sering hang tiba-tiba. Apalagi kalau hang gak bisa dirayu-rayu sedikitpun. Terpaksa deh force shutdown. Tipsnya semoga bisa membantu gan. Tambahan, bisa juga memakai software tune up yang terpercaya utk melancarkan kinerja laptop. Salam

    ReplyDelete
  18. Kalau dari pemgalaman saya laptop ngelag itu dari virus kayak yg ditulis agan virus itu yg membuat semua program not respond yg membuat leltop hang

    ReplyDelete
  19. penyakit laptop seperti ini yang sangat melelahkan, saya terhitung sering uninstal OS karena kalau sudah lemot rasanya sulit ngebalikin lagi seperti saat habis di instal, terlalu banyak scaning akhirnya banyak element OS yang ikut terhapus apalagi kalau sering terhubung ke internet itu bisa jadi sarang virus laptopnya, but saya save dulu cara di ulasan ini semoga cocok kalau diterapkan di laptop jadul saya.

    ReplyDelete
  20. Ini dia masalah yang sering saya alami, klo sedang terjadi biasanya saya hanya un instal os, tanpa membongkar pc. Thanks infonya menambah wawasan

    ReplyDelete
  21. artikelnya sangat bermanfaat banget nih, lumyaan lah buat saya yang sedang mencari perawatan laptop nih. saya jarang sekali merawat laptop. asal pake saja tidak memperhatikan kondisi dan sebab-akibatnya. heheeehe ... Salam #JOMBLOGGER @bangojinet

    ReplyDelete
  22. Laptop ram 1 GB sekarang udah enggak mumpuni kayak laptop saya saat ini. Rasanya gimana gitu ngelag banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, sekarang laptop itu yg sangat minimum memiliki RAM 2GB. Itu yg setandarnya, kalo kurang dari itu pasti ga kuat lama dan yg pasti laptop juga lelet

      Delete
  23. Tujuh langkah di atas sering saya lakukan. Tetapi yang sangat sering saya lakukan adalah membersihkan laptop dari virus dan menghapus program yang tidak penting.

    ReplyDelete
  24. Wah ternyat begini cara mengatasi laptop lag, klo ane laptop lag langsung ane instal ulang gan,, Ngx tau klo ada banyak cara atasi lag

    ReplyDelete
  25. Lag disaat momen yang sedang sangat diperlukan tuh bikin ksel bgt, klo lgi diandelin malah uwer" lemot. Klo lemot karna kbanyakan data / program install ulang aja gan.

    ReplyDelete
  26. Wah ternyata ada beberapa cara yang bisa diterapkan ya, yang paling menyebabkan lag ya nomer 5 itu. apalagi jika virusnya aktif di proses komputer, bisa payah tuh.

    ReplyDelete
  27. mantap infonya. @admin, saya pakai laptop ram 4gb, hardisk masih sisa banyak, free dari firus dan software tk berguna kok kadang masih ngelag ya? itu gimana ngatasinnya?

    ReplyDelete