Komputer Kamu Terkena Malware ? Bunuh Dengan Racun Ini!!


Malware merupakan prangkat lunak berbahaya yang biasanya mersak sebuah sistem, program komputer. Malware ini juga dapat merusak jaringan komputer, mengedit file bahkan dapat menghapus file tanpa sepengetahuan kita.

Malware berasal dari bahasa inggris yaitu malleious dan software, Malware mempunyai macam-macam jenisnya yaitu keylogger, worm, browser hijacker, trojan hourse, spyware, adware dan lain-lain.

Lalu bagaimana cara menghadapi malware ?

Hal utama yang perlu kita ketahui adalah pencegahan lebih baik dari pada memperbaiki.  Pencegahan merupakan solusi terbaik dalam menjaga kesehatan komputer kita. berikut ini adalah tips untuk menghindari malware bersarang pada laptop atau komputer kita.

Cara menghindari virus malware :

1. Pasang anti virus atau internet security.
2. Hindari menggunakan atau mendownload software bajakan.
3. Hidarkan membuka situs/web yang tidak jelas seperti crack, keygen, porno dan lain-lain.
4. Hindari membuka email dari orang yang tidak di kenal, apa lagi yang berisi software atau anjuran klick Url.
5. Bersihkan temporay file internet, cookies, cache dan lain-lain.
6. Usahakan selalu meng-update perangkat lunak.


Lalu bagaimana jika komputer kita telah tekena malware ? Tenang saja, saya sudah merangkum beberapa cara menghilangkan malware dari komputer kita yaitu, sebagai berikut :

Baca Juga


1. Masuk Kedalam Safe Mode.

Masuk kedalam safe mode mampu menjaga komputer kamu agar tidak terinfeksi virus malware. safe mode juga biasa digunakan untuk membersihkan komputer dari virus atau malware, dan dapat menghindari penyebaran virus malware.

Jika anda berfikir bahwa komputer sudah terinfeksi oleh virus malware, masuk lah kedalam safe mode. Untuk memasukan boot kedalam safe mode, pertama restart komputer kamu, pada saat boot kamu tekan F8 berulang kali sampai tebuka menu advance boot options, lalu kamu pilih safe mode ( mode aman ) dan tekan enter.


2. Menghapus Temporary File.

Dalam tahap ini kamu harus masuk kedalam safe mode caranya seperti yang saya katakan di atas. kenapa harus masuk ke safe mode? agar laptop terasa lebih ringan tentunya. Selanjutnya, kamu scan virus. tetapi sebelum di scane lebih baik kamu hapus file-file sementara agar harddisk menjadi lebih kosong, mempercepat dalam scan virus dan tentunya dapat menghapus beberapa malware.

Untuk menghapus membutuhkan beberapa software tambahan seperti Untility Clean up atau disk clean up. untuk membuka disk clean up kamu harus memilih star tepatnya berada di pojok bawah kiri lalu Tulis disk clean up --> pilih drive yang akan di bersihkan. Contoh drive C: atau Data D:


3. Menghapus Malware Dengan Anti Virus.

Di tahap ini kita dapat menggunakan antivirus premium atau gratisan untuk menghilangkan malware. antivirus selain untuk membasmi virus bisa juga untuk menghapus virus dan menjaga agar komputer tetap bersih. Jadi, sangat lah penting untuk pengguna memasang anti virus di komputer. contoh beberapa anti virus seperti Samadav. avast, avira dan lain-lain.

Baca Juga


4. Menghapus Program-Program Yang Tidak Dikenali.

Menghapus program yang tidak di kenali dapat mencegah malware, selain mencegah menghapus software juda dapat membuat kinerja komputer kita menjadi meningkat.

selain itu juga, kebanyakan malware bersembunyi di program-program tersebut. Jadi, lebih baik menghapus program yang tidak jelas atau tidak penting karena dapat mengurangi resiko terkena malware.


5. Instal Ulang Komputer.

Jika semua cara di atas gagal dan malware masih membandel tetap bertahan di dalam komputer kita, solusi yang paling tepat untuk menghilangkan malware adalah dengan cara menginstal ulang komputer. Cara ini sangat efektif karena semua sistem akan tehapus dan di perbarui. Jadi, semua program juga ikut terhapus termasuk malware itu sendiri.



Demikian dari saya informasi PC kamu Terkena malware? bunuh menggunakan racun ini!! semoga menambah pengetahuan dan

Jangan Sampai Ketinggalan Postingan Dari: Tisna Maulana. Berlangganan Melalui Email Sekarang Juga:

0 Response to "Komputer Kamu Terkena Malware ? Bunuh Dengan Racun Ini!!"

Post a Comment