Cara Instal windows 10


Sistem oprasi yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kalian, soalnya sering sekali kita mengdengar kata microsoft windows . Microsoft windows adalah sistem oprasi yang paling popular dan banyak di gunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

windows 10 adalah oprating sistem keluaran terbaru dari microsoft windows, yang sebelumnya upgrade dari windows 8.  windows 8 bisa di bilang sistem oprasi yang gagal karena windows 8 ini di anggap lebih berat dibandingkan dengan windows 7.

Baca Juga


Oleh karena itu windows 10 hadir untuk memperbaiki permasalahan dari versi windows sebelumnnya.

Banyak yang bertanya - tanya kenapa sih kok microsoft windows langsung mengeluarkan versi vindows 10 bukannya windows 9 terlebih dahulu ? Nah, microsoft windows menuturkan bahwa windows 10 adalah platform yang komprehensif sehingga tidak cocok untuk di namakan windows 9. memang betul juga yaa klo di beri nama windows 9 rasanya aneh hahaha.

Lalu bagai mana sih cara instal windows 10 ? Caranya mudah saya akan paparkan dari awal hingga akhir. saya saran kan untuk instal ulang saja agar lebih maximal, daripada mengupgrade dari windows nya langsung.

Note : Sebelum instal ulang sebaiknya kamu pahami dahulu tentang partisi harddisk.
Baca juga : Pengertian Partisi Dan Fungsinya.

Langsung saja ke tahap instalasi :


1. Hal yang utama untuk instalasi adalah kamu harus siapkan CD windows. Jika sudah siap kamu seting BIOS terlebih dahulu. Yaitu, saat booting akan muncul logo windows di layar, lalu tekan DEL. Setiap computer memiliki type BIOS dan cara masuk ke menu setting nya pun berbeda-beda. Contohnya tekan ( F1, F12, DEL dll ). Untuk menyeting bios bisa lihat disini. Tekan apa saja untuk masuk ke menu instalasi.



2. Di tahap ini kita sudah masuk kedalam menu instalasi windows  10. Untuk masuk ketahap selanjutnya kamu di perintahkan memilih bahasa terlebih dahulu. Seperti yang saya tandai pada nomor 1. Itu bertujuan untuk merubah bahasa saat proses instalasi berlanjut. Dan untuk nomor dua itu adalah format waktu kita atau tempat kita tinggal, tujuannya untuk memperbaiki otomatis waktu tanggal dan tahun di laptop/Pc kita. Setelah kamu rubah bahasa di atas selanjutnya pilih next.



3. Langsung tekan Instal Now saja untuk melanjutkan.



4. Di tahap ini kamu di anjurkan untuk memasukan beberapa digit kode agar windows bisa aktiv selamanya ( Full version ) . Kode itu didapatkan jika kamu membeli windows 10 Ori ( tidak bajakan ). Tetapi untuk kamu yang tidak memiliki kode resmi dari windows 10 tidak apa - apa, kamu bisa skip tahap ini untuk melanjutkan proses instalasi.



5. Berikutnya centang I Accept The License Terms lalu next.




6. Nah, misalnya kamu tidak mau pusing dalam instalasi windows  10, kamu bisa langsung pilih yang saya tandai dengan angka 1 Agar proses instalasi berjalan otomatis. Dan, untuk yang ingin tahu dan belajar secara keseluruhan tentang instalasi windows bisa pilih custom yang saya tandai dengan angka 2. Sekarang kamu tinggal pilih sesuai keinginan kamu. Kalau saya sndiri lebih suka instalasi manual atau custom agar partisi hard disk bisa sesuai dengan kebutuhan. Jadi, saya pilih custom saja :D



7. Seperti yang saya katakan diatas, inilah menu partisi harddisk atau yang bisa kita ketahuin yaitu membagi kapasitas harddisk. Contohnya  yang pertama untuk data system ( Local Disk C:) dan data untuk menyimpan data pribadi ( Data D:) seperti foto, video, music dll. Disini kita memiliki kapasitas harddisk sebesar 32GB, lalu bagaimana untuk membagikannya ? Untuk membaginya dengan cara klik Drive 0 Unallocated Space yang saya tandai dengan angka 1, setelah itu klik new pada tanda panah nomor 2.



8. Karena ukuran harddisk kita hanya 32GB saya buat setengahnya saja yaitu 15GB untuk Local Disk C seperti tanda panah nomor 1. Lalu klik apply.



9. klik ok saja untuk melanjutkan.



Baca Juga



10. Hasilnya akan seperti ini, bisa kamu lihat di atas. Drive 0 partition 2 adalah hasil partisi untuk system atau Local Disk C. Dan Drive 0 unallocated space adalah sisa dari kapasitas harddisk kita, sisanya bisa kita gunakan untuk menyimpan Data – data ribadi ( Data C ) seperti video, music, photos. Caranya sama seperti di tahap 8 ya, tinggak klik pada anak panah yang saya tandai dengan angka 2 lalu pilih new langsung next.



11. Nah, kita sudah selesai nih di proses pembagian kapasitas harddisk, selanjutnya klik Drive 0 partition 2 yang di gunakan untuk sistem atau Local Disk C. Lalu next.



Baca juga : Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Oprasi Linux.

12. Tunggu saja hingga prosses pemindahan data selesai. Kamu bisa tinggal ngopi karena ini bisa memakan waktu cukup lama :D



13. copy file sudah selesai saatnya proses persiapan sistem, ini juga memakan waktu tetapi tidak selama tahap ke-12.



14. Persiapan selesai, saatnya untuk menyeting program windows 10. Langsung klik next saja jika kamu tidak memiliki serial windows 10.



15. Selanjutnya membuat setingan, terserah kamu ingin memilih custom setting atau use express setting. Yang pasti agar lebih cepat klik use express setting hehe.



16. Tunggu sampai selesai.



17. untuk yang saya tandai dengan angka 1 isi dengan nama kamu. Misalnya kamu mau laptop/PC kamu aman silahkan isi kolom password pada angka 2 dan 3. Selanjutnya next.



18. Selamat kamu sudah berhasil instal windows 10 Pro.



Demikian tutorial cara instal windows 10 semoga bermanfaat dan berhasil dalam instalasi. Maaf jika ada kata – kata yang kurang tersusun, Terimakasih

Jangan Sampai Ketinggalan Postingan Dari: Tisna Maulana. Berlangganan Melalui Email Sekarang Juga:

5 Responses to "Cara Instal windows 10"

  1. Gampang ya, gak jauh beda sama windows 7&8, share serial number nya juga dong...hehehe

    ReplyDelete
  2. nggak terlalu sulit ya gan, masih agak sama dengan versi - versi sebelumnya. Bisa dijadiin pedoman nih buat yang mau install win 10 tapi masih bingung.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih ya, caranya lumayan mudah kalau pakai gambar. Ini yang selama ini saya cari buat upgrade windows dari Windows 7 ke Windows 10

    ReplyDelete
  4. Ternyata cukup gampang ya ga beda jauh sama windows sebelumnya , jadi pengen instal win 10 nih btw makasih ya infonya

    ReplyDelete
  5. Lumayan gampang ya, caranya hampir sama dengan install Os di virtual box, dikiranya susah kalo realnya

    ReplyDelete