Pengertian Partisi dan Fungsinya


Partisi adalah pembagian suatu kapasitas atau ruang kosong pada hardisk. dengan adanya partisi kita bisa menentukan sendiri berapa besar kapasitas yang akan digunakan untuk sistem dan data pribadi.

Hardisk merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data tetap. biasanya kapasitas hardisk sangat lah bervariasi. Misalnya hardisk kamu memiliki kapasitas sebesar 500GB, kamu bisa membaginya 170GB untuk sistem ( Local disk C ) dan 330GB untuk data pribadi kita ( Local disk D ). Partisi hardisk kamu yang menentukan sesuai dengan kebutuhan kamu. Saran dari saya membagi ruang 30% untuk sistem dan 70% untuk menyimpan data pribadi kita.

Partisi hardisk sangat penting untuk komputer agar data – data yang kamu miliki tidak tercampur dengan sistem. Jika data – data kita di campur dengan file sistem kita tidak tahu apakah ada kesalahan yang terjadi pada sistem tersebut, hal ini menyebabkan data pribadi kita hilang. 

Contohnya, kita instal ulang sistem oprasi di komputer kita dan data – data kita di campur dengan file sistem, otomatis saat proses instal ulang data pribadi kita akan ikut terhapus bersama file – file sistem lainnya. Sebenarnya bisa juga si membackup data terlebih dahulu menggunakan hardisk external tapi, untuk yang memiliki hardisk external yaah :D


Manfaat dari partisi hardisk :


1. Memisahkan file sistem oprasi dan file data atau dokumen kita. Seperti yang saya katakan diatas, kita bisa saja menyatukan data kita dengan file sisitem oprasi. Tetapi, dengan memisahkan data tersebut akan lebih aman dan lebih mudah untuk mengaturnya.

2. Bisa digunakan untuk menjalankan lebih dari 1 sistem oprasi. Contohnya, windowsx 7, Linux, Mac OS X, Windows XP dan lain – lainnya. Selain tuntuk menjalan kan 2 sistem oprasi sekaligus, partisi di gunakan untuk menjalankan booting

3. Memudahkan Recovry data ketika sistem rusak. Karena jika partisi sisitem rusak, partisi yang lainnya tidak akan terpengaruh. Jadi, data – data yang lainnya masih bisa di selamatkan dengan kata lain tidak akan hilang.
 Baca juga : Cara Menghemat Batrai Laptop

Partisi sendiri di bagi menjadi 3 bagian yaitu Partisi Primary, Partisi Extended, dan Partisi Logical. Nah, saya akan menjelaskan sedikit tentang ke-3 partisi tersebut. 

1. Partisi Primary

partisi primary merupakan hal utama pada hardisk, karena partisi sebagai tempat penyimpanan sistem oprasi pada komputer. jadi, yang pertama kali di akses oleh komputer yaitu partisi primary kerana digunakan untuk proses booting.  Bisa di katakan bahwa partisi primary ini berfungsi untuk menyimpan data – data pada sistem.


2. Partisi Extended

Partisi extended pada dasarnya sama seperti partisi primary merupakan partisi yang utama. Partisi extended berfungsi untuk mengatasi keterbatasan pada sisa kapasitas hardisk dari partisi primary.

Partisi extended tidak bisa mengolah data secara langsung, untuk menggunakannya kita harus membuat partisi logical terlebih dahulu

3. Partisi Logical

Partisi logical merupakan sampingan dari partisi extended yang  berfungsi sebagai menyimpan data – data pribadi seperti musik, video dan lain- lain, contoh dari partisi logical adalah Local disk D, Local disk E dan local disk F.





Demikian dari saya tentang pengertian partisi hardisk, semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan tentang teknologi. Terimakasih.

Jangan Sampai Ketinggalan Postingan Dari: Tisna Maulana. Berlangganan Melalui Email Sekarang Juga:

2 Responses to "Pengertian Partisi dan Fungsinya"

  1. Partisi merupakan bagian penting di komputer nah bila tidak ada partisi maka repot jika ingin menyimpan file file penting.

    ReplyDelete
  2. Sangat setuju dengan adanya partisi, karena kita bisa membagi file penting kita pada tempat yang di inginkan, sehingga akan cukup memudahkan untuk pengelompokan file berdasarkan tempatnya

    ReplyDelete